Kamis, 12 Juni 2008

Peluang usaha sampingan bagi karyawan

Trend kebutuhan dan biaya hidup terus saja naik membuat kepala pusing tujuh keliling, terutama bagi pekerja yang kebetulan gajinya pas - pasan saja, atau malah kurang untuk memenuhi kebutuhan setiap bulan. Kejam sungguh kejam...8 jam kerja per hari, belum lagi yang lembur,membuat karyawan harus pergi pagi pulang malam, meninggalkan anak2nya seharian, eehh...giliran gajian cuma numpang lewat langsung bablass...Jadi gimana ya caranya biar kita bisa saving? Jawabannya tentu harus menambah penghasilan. Minta naik gaji? kayaknya nggak semudah yang kita mau tuh... yuk, kita coba bahas kira - kira ada peluang nggak ya untuk mendapatkan penghasilan tambahan?

Reseller makanan ringan, bisa kantor maupun di luar kantor.
Mengingat keterbatasan waktu dan tenaga karena berstatus karyawan, sebaiknya dipilih produk yang tahan lama dan tidak memerlukan perlakuan khusus. Contohnya adalah produk cemilan ringan dalam kemasan. Bagi yang merasa gengsi, jualan di kantor bukan berarti harus direct selling, bisa saja dititipkan di kantin, koperasi, atau melalui OB kantor. Kalau di luar kantor, bisa dititipkan di warung atau toko. Untuk sumber barangnya, bisa membeli snack curah dari produsen langsung atau dari pasar, kemudian dikemas dengan berat tertentu. Atau cara yang lebih praktis adalah dengan membeli kepada perusahaan snack repacking. Selain tidak repot, produk pun terlihat lebih bernilai karena biasanya sudah ditempel merk, salah satu contohnya bisa dilihat di www.krispisnack.com.

Reseller sepatu
Bagi pekerja kantoran, sepatu merupakan "kebutuhan primer" karena merupakan atribut wajib yang harus selalu dikenakan setiap hari. Kebutuhan ini bisa menjadi peluang bagi yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi reseller sepatu. Untuk menjual sepatu kita tidak perlu kulakan sepatu, dan tidak perlu mengeluarkan modal besar. Lebih baik mendaftar menjadi reseller/ agen ke produsen/distributor sepatu yang menawarkan keagenan. Selain modalnya kecil, jualan juga tidak repot karena biasanya cukup menggunakan brosur saja. Setelah ada order yang diterima, baru kita melakukan pemesanan kepada produsen/distributor sepatu tersebut. Kalau buka internet, kita akan menemukan banyak penawaran untuk menjadi reseller sepatu, tinggal dipilih mana yang cocok. Contoh penawaran sejenis bisa kita temukan di www.sepatuwanita.com
www.sepatubandung.blogspot.com

Reseller Pakaian
Untuk reseller pakaian sama saja dengan reseller sepatu. Banyak yang menawarkan reseller/keagenan untuk penjualan baju, salah satu yang baru saja saya buka www.grosirbajumuslim.blogspot.com.

Ketiga contoh tersebut hanyalah sebagaian kecil dari berbagai peluang penghasilan tambahan yang mungkin untuk dijalankan bagi karyawan. Mungkin hasilnya tidak terlalu besar, tapi lumayan daripada tidak ada tambahan sama sekali, bukan begitu?.


1 komentar:

SYaHRuL MiLaNiSTi mengatakan...

iya,saya setuju dengan pendapatnya..
tp kadang2 qta susah utk memulainya..
terasa berat,perlu support yg lebih dr qta sendiri ataupun minimal punya Partner utk ngejalaninnya.
karena itu akan sangat membantu dlm memulai suatu usaha....